Let’s come and support KBT

Upcoming Game :

KBT Putra vs SMA IPH East Surabaya

FINAL RESULT : 31 vs 51

Saturday 19 August 2017

@DBL Arena Surabaya Pk. 19.00 wib

 

Klik untuk jadwal DBL 2017

Akhirnya babak FINAL DBL East Java Series telah selesai digulirkan. Yang berhasil menduduki takhta tertinggi sebagai kampiun Juara DBL East Java Series 2017 adalah SMA IPH East Surabaya (Boys) dan SMAN 8 Malang (Girls). Selamat kepada pemenang. Semoga bakat dan talenta yang telah terbukti, bisa terus dikembangkan dan akhirnya bisa membanggakan dunia perbasketan Indonesia.

Sedikit flashback tentang babak BIG FOUR di Surabaya yang digelar 19 Agustus 2017 yang lalu, meskipun SMAK Kosayu harus kalah dari IPH Surabaya (yang memang sudah diramalkan oleh penulis :) akan menjadi juara DBL East Java Series tahun ini), tetapi kenangan akan perjuangan dari berbagai lini Kosayu terbukti berbuah manis. Mulai dari pemain, pelatih, tim official, penari, suporter, panitia, dan bahkan para donatur yang merupakan alumni ataupun non alumni, saling mendukung sehingga rasa kekeluargaan begitu mencuat ke permukaan. Dan atmosfir pertandingan masih terasa sampai sekarang. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjuangan Kosayu Basketball Team SMAK Kosayu. Khususnya untuk KBT, teruslah berjuang bukan untuk gelar juara semata, melainkan demi kepuasan batin karena berhasil melakukan yang terbaik dan tentu saja demi Kemuliaan Tuhan. Amen. Tetaplah bersemangat karena ulangan-ulangan segunung telah menanti Anda :)

Tuhan memberkati dan Tetap Bersemangat !!!

ucapan trims dbl 9x10 cm

 

 

———————-

tree big four copy

BIG FOUR !!!! Yes, we are heading to DBL Arena bro n sis … Setelah berhasil memenangkan pertandingan melawan SMAN 2 Jember denganskor 74 vs 58, tim KBT akhirnya memboyong 3/4 penghuni sekolah untuk memadati DBL Arena Surabaya. Tercatat 13 bis dan puluhan mobil pribadi yang akan bergabung dengan ratusan alumni yang masih kuliah ataupun yang berdomisili di Surabaya. Diperkirakan 1500 suporter yang akan bergabung untuk mendukung KBT kita yang akan berhadapan tim tangguh IPH East Surabaya. Seperti yang kita ketahui, setelah berhasil mengalahkan SMA Frateran Surabaya dan SMA Petra 1 Surabaya, tim IPH East Surabaya menerobos maju ke BIG Four.  Sedangkan di sayap lain, tim SMAN 8 Malang yang juga menciptakan sejarah dengan memboyong tim putra dan putrinya untuk berlaga melawan lawan yang sudah menunggu di BIG Four.

Tim IPH atau yang lebih terkenal dengan The Lions bukan lawan yang mudah. Rata-rata pemain The Lions sudah terlatih di klub-klub basket favorit Surabaya. Tahun lalu tinggal selangkah lagi, gelar juara mereka harus terganjal oleh SMA St. Louis Surabaya, yangmana St. Louis kemudian harus melepas gelar juara DBL East Java ke tangan SMAN 1 Blitar. Sekarang peluang untuk meraih juara tentu saja tidak akan disia-siakan oleh mereka. Tanpa meremehkan tim yang lain, menurut pengamatan penulis, inilah ajang FINAL yang sesungguhnya bagi tim KBT. Menghadapi kandidat juara di Semifinal benar-benar laga do or die bagi mereka. KBT juga sudah berusaha dan berjuang keras untuk bisa sampai ke titik ini. Jadi tidak ada langkah mundur lagi untuk hari ini. KBT pantas untuk bersanding melawan The Lions di ajang BIG 4 DBL ini. So, may the best wins !!! Jadi mari bergandeng tangan, kita teriakkan GO Hua-Ind, GO GO Hua-Ind !!!!

——-

Menegangkan !!! Itulah kata yang paling tepat untuk menggambarkan dua pertandingan putra dan putri. Meskipun tim KBT Putri akhirnya harus mengakui keunggulan tim basket SMAK St. Albertus Malang, tetapi kinerja dan perjuangan mereka layak diberikan dua jempol. Semangat bertanding yang tidak pernah surut dari awal pertandingan sungguh mencerminkan semangat siswa Kosayu yang tidak pernah surut. Kecintaan (passion) dan prestasi di bidang basket merupakan bukti nyata bahwa siswa Kosayu bukan hanya berusaha unggul di bidang akademik saja, tetapi sangat merata di berbagai bidang.

Ok, kembali ke pertandingan kemarin :) KBT Putri sadar dari pemberitaan bahwa tim lawan akan diperkuat oleh salah satu anggota Timnas Junior. Tentu saja ini sedikit mempengaruhi mental bertanding KBT Putri. Dan memang ternyata di lapangan, pertandingan cukup didominasi oleh anggota Timnas Junior tersebut. Tetapi semangat KBT Putri tidak pernah surut. Bermain dengan tempo yang sama selama 4 quarter tetap dijalankan dengan patuh. Semua lini pemain dari inti ataupun cadangan berusaha yang terbaik. Meskipun akhirnya harus merelakan tiket FINAL, tetapi teamwork dan semangat KBT Putri selalu menjadi inspirasi bagi kita semua. OK, seperti kata pepatah ” Semua akan berlalu !!!” Masih banyak kesempatan bagi KBT untuk membuktikan kerja keras mereka di ajang DBL ke depan. Hasil akhir KBT Putri 22 vs 31 untuk kemenangan SMAK St. Albertus Malang. Proficiat untuk Dempo !!!

1-50

Picture courtesy of DBLINDONESIA.COM

Di lain kesempatan, pada pertandingan 1 jam sebelumnya KBT Putra juga berjuang keras menahan gempuran dari pemain SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Salah satu tim kuat yang merupakan kandidat juara. Pemain KBT masih sering sekali melakukan turnover, dari statistik tercatat hampir 30x turnover yang dilakukan oleh KBT Putra. Untung saja, pemain lawan tidak bisa memanfaatkan kesempatan ini, fyuhhhh …. Mungkin kelemahan ini yang harus diracik kembali oleh barisan manager dan pelatih kita :) Terutama bagaimana melepaskan diri ketika KBT Putra mendapatkan full court press dari lawan. Lagi-lagi mental dan stamina yang memegang kunci penting dalam olahraga fisik seperti basket ini. Kemampuan / skill individu tingkat NBA pun tidak akan bisa diterapkan jika mental dan stamina tidak mendukung. Bagaimana mau crossover kalau dengkul udah lemes dan paru-paru sudah tidak kuat mompa lagi? Lahhh … kok malah ngelantur …

Ok kembali ke reportase KBT Putra … lagi-lagi harapan kita semua, setelah berhasil mengandaskan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung (36 vs 28), KBT Putra bisa melenggang mulus untuk menghadapi SMAN 2 Jember yang sudah menunggu Kamis, 17 Agustus 2017 ini. Jadi sanggupkah kita melangkah sekali lagi ke FINAL di Surabaya? Tradisi juara punya, sponsor punya, kemampuan individu & tim punya, ribuan suporter punya, dukungan sekolah jelas punya, tapi jangan lupa satu hal yang terpenting : doa dan kepasrahan kepada Tuhan adalah inti dari semua ini. Jadi, marilah kita bertanding demi kebesaran namaNya, may GOD bless us all.  Amen !!!

———-

Setelah melewati babak-babak penyisihan dan akhirnya melewati babak pertama playoff (16 besar), maka tim Putra & Putri KBT terus melanjutkan perjuangannya melawan tim-tim DBL yang semakin kuat. Tim-tim langganan semifinal dan juara tahun-tahun sebelumnya, tetap bertahan !!! Tidak terjadi kejutan-kejutan besar ataupun munculnya kuda-kuda hitam yang mampu mengubah peta kekuatan tim DBL South Region East Java tahun ini.

Pada pertandingan hari ini tim Putra KBT akan melawan salah satu kandidat juara yaitu SMAN 1 Kedungwaru. Kedua tim akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Dengan tipe permainan yang hampir sama, yaitu mengandalkan offense yang cepat, maka pertandingan ini layak disebut Early Final.

Sedangkan tim Putri KBT tetap bisa mempertahankan konsistensinya untuk melangkah menuju babak 8 besar ini. Tim putri Dempo akan menjadi tantangan selanjutnya.

Jadi mampukah KBT kita mewujudkan mimpinya untuk meraih juara DBL East Java South Region tahun 2017 ini? Kita lihat saja …. May the best wins !!!

——

KBT Putri vs SMAN 3 Blitar pada Jumat 11 Agustus 2017 pk. 15.00 WIB berlangsung sangat ketat. Kejar mengejar angka terjadi dari awal quarter. Dan pemuncaknya terjadi pada quarter terakhir di mana akhirnya SMAN 3 Blitar terpaksa menyerah pada KBT dengan skor 28-26. Sungguh pertandingan yang sangat menegangkan. Semoga pertandingan kali ini, semakin membuat pemain KBT putra dan putri sadar bahwa partai-partai play off yang akan segera mereka hadapi bukanlah partai yang mudah. Setiap pertandingan adalah krusial karena tim-tim yang lolos adalah tim yang berjuang keras untuk menang.

Pada pertandingan tim KBT putri ini, penulis mencatat cukup banyak Turnover dan Foul yang dilakukan oleh pemain KBT. Semoga Mr. Daniel Kristianto (Head Coach) dan Mr. Prasetya C.S.  (Ass. Coach) bisa memperhatikan dengan jeli dan akhirnya bisa merumuskan strategi yang paling pas untuk dimainkan di partai mendatang. Tetapi satu hal yang perlu menjadi kebanggaan bagi kita semua, tim KBT putri bermain cukup kompak dengan kemampuan yang hampir merata sehingga hampir semua pemain bisa menyumbangkan poin untuk tim KBT. Selamat ya KBT Putri. Persiapkan diri untuk menghadapi SMAK St. Albertus Malang (DEMPO). Cia youuu ….

——

KBT Putra vs SMAK St. Maria Malang, partai yang cukup keras dimainkan oleh kedua belah tim. Sempat memanas situasi pertandingan karena ketidaksengajaan yang terjadi di lapangan, akhirnya bisa mereda berkat semangat fair play yang dijunjung tinggi oleh kedua tim tersebut. Semangat untuk menjadi yang terbaik telah terlihat sejak di awal pertandingan. Dengan fastbreak yang lincah, kedua belah tim saling berlomba mencetak skor. Namun akhirnya KBT berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 34-17.

Di balik layar DBL, banyak pihak yang bekerja untuk mendukung tim basket masing-masing. Demikian juga siswa dan segenap guru karyawan Hua-Ind, turut aktif merelakan diri untuk bahu membahu mendukung tim DBL. Mulai dari koordinator suporter, bagian perlengkapan, dancer dan segenap crew nya, tidak ketinggalan bagian transportasi. Salut untuk kita semua.

IMG_20170806_152832_resize IMG_20170806_152752_resize

IMG_20170806_192723

IMG_20170806_152857_resize

Tidak terasa season DBL 2016 sudah dilewati setahun. Tahun ini, even Basket favorit pelajar ini kembali digulirkan di GOR Bima Sakti Sukun yang merupakan GOR tim basket kesayangan bumi AREMA, tim Bima Sakti, yang mana mulai tahun ini berganti nama menjadi Bima Perkasa.

Untuk season DBL 2017 East Java Series – South Region ini, tim KBT sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan berbagai pembekalan baik fisik maupun mental. Seluruh jajaran pimpinan sekolah dan guru mendukung penuh para pemain dengan harapan bisa mencetak prestasi yang terbaik untuk mengharumkan nama almamater SMAK Kosayu.

Tim Putra dan Putri telah melewati laga pertama dengan baik, di mana Tim Putra berhasil mengalahkan SMAN 4 Malang, sedangkan Tim Putri berhasil mengalahkan SMAN 1 Kejayan Pasuruan.

Tim Putra masih harus bertanding 2x dan Tim Putri harus bertanding 1x lagi untuk meloloskan diri dari penyisihan Grup. Mari kita dukung Kosayu Basketball Team (KBT). Kosayu, Bravo Bravo Bravo Fight !!!!

SMAK Kolese Santo Yusup Malang

Jalan Simpang Borobudur 1 Malang 65142 Jawa Timur - Indonesia | [email protected] | www.smakkosayu.sch.id