HASIL FINAL DBL PUTRA 2016

KOSAYU  (71)  vs SMAN 1 Blitar  (78)

 

Untuk jadwal silahkan klik link berikut ini :

http://www.dblindonesia.com/r1/index.php?act=r16_121&nw=score

headerkota_malangz

 

 

SEKILAS DBL

Senin, 29 Agustus 2016

Entah kata apa lagi yang bisa diucapkan. Luar Biasa !!! Mungkin kata itulah yang pantas diberikan kepada kedua tim yang mati-matian mengejar impian mereka untuk menjadi JAWARA / CHAMPION DBL EAST JAVA SOUTH REGION. Kejar-kejaran skor terjadi dari awal hingga akhir pertandingan. Tidak bisa dipungkiri bahwa inilah laga yang paling mendebarkan yang pernah ditekuni oleh Kosayu. Bukan saja karena mereka melakoni partai hidup mati, tetapi SMAN 1 Blitar sungguhlah lawan yang sangat tangguh.

Meskipun KBT sudah bermain jauh lebih bagus daripada babak-babak sebelumnya, namun ternyata hal itu tidak cukup untuk membendung gebrakan  SMAN 1 Blitar.  Setelah seri pada quarter ke-4 di poin 65, akhirnya tim Kosayu terpaksa melepas babak Overtime dengan keunggulan SMAN 1 Blitar dengan skor akhir 71-78. Ribuan suporter Kosayu yang membanjiri GOR Bima Sakti mulai dari tribun hingga ke tepi lapangan tidak mampu menciptakan keajaiban seperti di laga Semi Final yang lalu. Namun kita perlu mengacungi jempol kepada suporter Kosayu yang telah sangat kompak  dan total dalam mendukung tim KBT kesayangan mereka. Sehingga akhirnya panitia pun luluh dan mengganjar suporter Kosayu sebagai Best Suporter DBL 2016.

Adakah hal yang bisa kita pelajari dari pertandingan FINAL yang lalu? Tentu saja banyak yang bisa dipelajari bukan saja oleh siswa sebagai pemain / suporter, bahkan juga untuk kalangan dewasa. Kerja keras,, dedikasi,  semangat pantang menyerah, dan tentu saja rasa besar hati (legawa) dan mengakui kemenangan lawan.

Kami ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah bekerja sama, bahu membahu mengantar KBT ke babak FINAL. Tuhan memberkati dan Tetap Bersemangat !

Sabtu, 27 Agustus 2016

Setelah melewati beberapa pertandingan, akhirnya tim KBT Putra berhasil menuju babak Final Four DBL 2016. Mewakili  kota Malang, tim KBT putra harus menghadapi salah satu tim baru yang kuat yaitu SMAN 3 Blitar. Permainan berlangsung sengit dan cepat sejak awal babak pertama. Meskipun hingga quarter kedua, tim KBT masih di atas angin, akhirnya lambat laun SMAN 3 Blitar bisa menyamakan kedudukan bahkan akhirnya memimpin 7 poin hingga 1,5 menit terakhir.

Di menit-menit terakhir yang menegangkan itu, pertandingan sempat terhenti karena lampu GOR padam. Hal ini menjadikan situasi semakin menegangkan karena kedua tim sudah tidak sabar untuk segera mengakhiri pertandingan. Setelah lampu menyala kembali, KBT merubah gaya permainan dan akhirnya bisa melakukan Come Back yang fenomenal dengan berhasil merebut beberapa bola dan melakukan lay up cantik hingga akhirnya kedudukan berbalik menjadi 62 – 61 untuk kemenangan KBT. Puji Tuhan !

Semua ini terbukti bahwa mental dan fisik pemain memang sangat menentukan untuk babak-babak penting seperti ini. Memasuki babak final, semua pemain memiliki kemampuan / skill yang hampir merata. Mental dan fisiklah yang akhirnya akan menentukan Sang Juara Sejati.

Pertandingan hari ini Sabtu, 29 Agustus 2016 GOR Bima Sakti di babak FINAL melawan SMAN 1 Blitar bukanlah hal yang baru. Kedua sekolah membuktikan bahwa mereka memang sangat layak dan ingin menjadi juara DBL East Java South Region dan menuju ke Surabaya. Dalam 2 pertemuan, KBT dan SMAN 1 Blitar berbagi juara DBL. KBT berhasil menjadi Juara di tahun 2012 sedangkan SMAN 1 Blitar menjadi Juara di tahun 2013.

Jadi di pertandingan REAL FINAL ini pastinya akan berjalan dengan sangat seru dan cepat. Bertandinglah dengan penuh keberanian dan kejujuran wahai KBT!

Untuk tim putri KBT, meskipun belum berhasil meraih gelar Juara yang selalu kita impikan, percayalah bahwa proses pembelajaran dan pelatihan yang telah Anda lalui selama ini baik di sekolah ataupun pertandingan akan sangat berguna bagi kehidupan Anda ke depan. Kami keluarga besar SMAK Kolese Santo Yusup  kagum akan kebesaran jiwa dan semangat yang telah Anda tunjukkan dalam pertandingan-pertandingan selama ini.

May the best be the winner !! God bless and Fervent in Spirit !!!

 

Senin, 15 Agustus 2016

Melawan tim SMA Kalam Kudus Malang, tim KBT masih belum mengalami kendala berarti. Memimpin dari awal pertandingan hingga akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 52 vs 5.

Berarti tinggal 1 tim yang harus dihadapi untuk bisa lolos dari penyisihan Grup G. Untuk pertandingan selanjutnya, tim Putri KBT yang akan beraksi melawan SMAN 1 Kejayan Pasuruan. So, let’s be there to support them. In Union There Is Strength ! Tetap Bersemangat !!!

 

Jumat, 12 Agustus 2016

Pada Opening Party DBL East Java South Region 2016 yang diadakan di GOR Bima Sakti – Sukun Malang, SMAK Kolese Santo Yusup (Hua-Ind / Kosayu) berlaga di Group G bersama-sama dengan SMAN 2 Malang, SMAN 4 Malang, dan SMA Kalam Kudus Malang.

Pada laga pertamanya Jumat 12 Agustus 2016 kemarin, tim KBT (Kosayu Basketball Team) berhadapan dengan SMAN 2 Malang. Pada pertandingan perdana ini, tim Kosayu bermain dengan baik sehingga bisa menundukkan SMAN 2 Malang dengan score 63 vs 10. Sejak dari awal pertandingan, KBT memimpin dengan selisih angka cukup jauh. Semoga para pemain bisa menjaga tempo permainan dan kekompakan di dalam lapangan hingga 1 rangkaian season DBL 2016 ini berakhir.

AMIN.

Ada beberapa catatan dari penulis berdasarkan pelaksanaan hari perdana DBL South Region 2016 ini, adalah panitia harus memperhatikan dan memperhitungkan dengan cermat arus lalu lintas di seputar GOR. Karena dengan adanya pertandingan Derby (antar SMA satu kota), maka akan menimbulkan kemacetan yang luar biasa. Untuk itu panitia seharusnya bekerjasama dengan pihak sekolah yang bertanding misalnya dengan memberikan himbauan kepada para suporter  untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi menuju GOR Bima Sakti.  Dengan demikian, kemacetan sejauh 5 km yang terjadi kemarin bisa dihindari pada pelaksanaan hari-hari selanjutnya.

Tempat parkir dan pintu masuk GOR Bima Sakti luar biasa sempit, sehingga hal ini sangat mempersulit para pengunjung untuk memarkir kendaraannya. Beberapa pengunjung harus parkir kurang lebih 3 Km dari GOR untuk menghindari kemacetan.

Catatan lainnya untuk panitia adalah memperhatikan lalu lintas pengunjung di GOR yang terhitung sempit tersebut. Dengan bertandingnya sekolah-sekolah dengan jumlah suporter yang besar, maka penumpukan suporter di luar lapangan bisa menimbulkan kekacauan yang luar biasa. Keadaan ini akan semakin memburuk apabila selama menunggu pertandingan, suporter di luar GOR diguyur hujan (mendung selalu menaungi langit kota Malang beberapa hari ini). Diperlukan panitia yang lebih banyak dan cekatan yang bisa mengatur lalu lintas suporter sehingga suporter bisa masuk & keluar dengan lancar.

Dengan kapasitas GOR yang termasuk kecil, maka bisa dipastikan bahwa GOR Bima Sakti ini tidak akan sanggup menampung  apabila 2 sekolah dengan jumlah suporter yang loyal dan besar bertanding.  Dengan demikian , tiket dan usaha yang dikeluarkan untuk menuju ke GOR Bima Sakti dengan melawan macet yang luar biasa akan sia-sia karena tidak bisa masuk GOR karena daya tampung tidak memadai.

Terjadi pemadaman lampu pertandingan lebih dari 2x dalam 1 pertandingan. Hal ini mengakibatkan berhentinya pertandingan cukup lama karena untuk menghidupkan lampu kembali hingga terang membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit . Hal ini membuat seluruh rangkaian pertandingan mengalami delay yang cukup panjang. Di jadwal pertandingan, seharusnya tim KBT bermain pada pukul 15.00 WIB, ternyata baru main pada pukul 17.30 wib. Hal ini membuat penumpukan suporter semakin banyak di luar GOR dan kemacetan yang semakin menjadi-jadi.

Kami dari SMAK Kolese Santo Yusup Malang menyarankan supaya pemilihan GOR Pertandingan DBL ke depan bisa lebih selektif dengan memperhitungkan beberapa hal di atas dan panitia yang terlibat seharusnya lebih banyak. Tanpa tendensi apapun, menurut kami GOR langganan DBL yang satunya lagi di kota Malang jauh lebih memadai dan tepat untuk menggelar even sebesar DBL ini. Yang setuju, angkat tangan sambil ngangguk yuk :) Peaceeee

Tuhan memberkati dan Tetap Bersemangat !

SMAK Kolese Santo Yusup Malang

Jalan Simpang Borobudur 1 Malang 65142 Jawa Timur - Indonesia | [email protected] | www.smakkosayu.sch.id