Time really flies ! Itulah ungkapan yang paling tepat untuk mengantar kembalinya Ms. Rita ke negara asal Portugal. Tiada terasa sudah 2 bulan dijalani oleh Ms. Rita di SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Meskipun dalam waktu yang relatif singkat, cukup banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang dilalui oleh para siswa bersama beliau. Selain sharing seputar bahasa Inggris, Ms. Rita di dalam kelasnya juga banyak bercerita tentang kota dan negara asalnya.

To Rita,

We can only say thank you for giving us your best quality time with us here. Please accept our apology if there were any mistakes during your stay in our school. And we also pray for your success in every things that you try to achieve in the future. Stay safe and God bless you. 

——————-

Previous story :

34

Ms. Rita sedang menerangkan di salah satu kelas

Sejak tanggal 28 September 2015, SMAK Kolese Santo Yusup kedatangan seorang native speaker Bahasa Inggris bernama Ana Rita Pascoal Azevedo atau yang akrab dipanggil Ms. Rita oleh anak-anak. Ms. Rita menjadi patner bapak ibu guru Bahasa Inggris untuk mengajar dan memotivasi siswa-siswi untuk lebih aktif dalam berbahasa Inggris.

Untuk mengenal Ms. Rita lebih jauh, berikut ini adalah hasil wawancara dengan Ms. Rita yang sudah diterjemahkan.

(Y = Yohana & R = Rita)

 

Y : Siapa nama lengkap anda ?

R : Ana Rita Pascoal Azevedo

Y : Tempat dan tanggal lahir anda ?

R : Porto, Portugal 1 September 1992

Y : Dimana anda kuliah dan mengambil jurusan apa ?

R : Saya telah Lulus S1 jurusan History of Art di Universidade do Porto dan saya melanjutkan S2 di Universidade Nova de Lisboa jurusan Cinema and Television

Y : Apa motto hidup anda ?

R : “Life is a demand for knowledge”

Y : Apakah hobby anda?

R : Saya suka berkumpul dan “hang out” bersama teman-teman saya, saya sangat suka nonton film dan mendengarkan music, berenang dan memelihara hewan peliharaan, saya mempunyai 5 kucing dan 1 anjing di Portugal.

Y : Bagaimana anda bisa mengajar di SMAK Kolese Santo Yusup?

R : Saya ikut program AIESEC ( Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) yang merupakan organisasi Internasional yang menampung dan mengatur pertukaran pelajar di seluruh dunia.

Y : Apa alasan anda ikut program tersebut ?

R : Setelah menyelesaikan kuliah S2 saya merasa belum pernah melakukan hal yang luar biasa karena itu merupakan hal yang sangat umum saat ini, saya merasa itu bukanlah pencapaian yang luar biasa. Saya berfikir untuk melakukan hal yang luar biasa yang tidak hanya melakukan pekerjaan yang umum di negara asal saya. Di situlah saya mulai berfikir untuk hidup di negara yang benar-benar berbeda dari negara saya. Saya ingin mengalami hidup di Indonesia, terlebih lagi saya suka mengajar Bahasa Inggris.

Y : Apakah mimpi anda dalam hidup ini ?

R : Impian terbesar saya adalah pergi ke seluruh dunia, sebanyak mungkin mengunjungi tempat yang berbeda dan menikmati perbedaan itu serta memberikan hal yang berbeda pada hidup orang lain.

Y : Apa pesan anda untuk siswa siswi Kosayu ?

R : Ilmu pengetahuan adalah kunci untuk hidup yang lebih baik. Untuk siswa–siswi Kosayu teruslah untuk memupuk rasa ingin tahu kalian tentang segala hal di dunia ini karena pencapaian terbesar dari seseorang adalah budaya dan perkembangan intelektual dan hal ini hanya bisa diraih melalui ilmu pengetahuan.

(Yohana)

SMAK Kolese Santo Yusup Malang

Jalan Simpang Borobudur 1 Malang 65142 Jawa Timur - Indonesia | info@smakkosayu.sch.id | www.smakkosayu.sch.id