DSC04480d

Kunjungan ke Sister School, Heng Yee Catholic High School Taiwan adalah untuk yang kedua kalinya. Kali ini diselenggarakan dari tanggal 5 – 18 April 2014. Peserta terdiri dari 8 siswa SMA, 6 siswa SMP dan 3 guru pendamping yaitu Bapak Andy (guru Mandarin), Ibu Ari (Kepala SMPK Kosayu 2) dan Ibu Erly (guru Inggris). Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperluas wawasan tentang kehidupan di Taiwan terutama kehidupan nyata di sekolah dan masyarakat sehingga bisa mengambil segi positif dari mereka.

Para siswa tinggal di asrama sekolah. Kegiatan yang dilakukan selama 2 minggu adalah pagi hari mulai jam 7.30 – 12.00 mengikuti pelajaran di kelas sesuai dengan jenjang pendidikan peserta. Setelah makan siang mengunjungi beberapa universitas, perpustakaan, museum ilmu pengetahuan, peternakan dan beberapa tempat wisata.

Adapun beberapa pengalaman yang paling berkesan adalah :

¨ Kegiatan belajar mengajar di Heng Yee berlangsung Senin sampai Jumat, mulai 7.30 pagi sampai kira kira 7.30 malam, dengan demikian diharapkan semua tugas dapat dituntaskan di sekolah. Waktu belajar yang panjang di sekolah membuat para siswa sangat menghargai waktu libur bersama   keluarga di akhir pekan, mereka berusaha untuk tidak melanggar peraturan, karena sanksinya adalah membersihkan sekolah di akhir pekan.

¨ Satu hal yang patut diacungi jempol adalah Heng Yee mendidik para siswa untuk mempunyai budaya hidup bersih dan tidak malu mengerjakan pekerjaan kasar. Heng Yee adalah sekolah yang luas dan besar, namun tidak ada satupun petugas kebersihan dan tukang kebun yang dipekerjakan. Kebersihan dan keindahan sekolah adalah tanggung jawab semuanya dan mereka secara bergilir melakukannya. Oleh karena itu mereka sangat menjaga kebersihan, dimana-mana tersedia tempat sampah yang dibagi menjadi 4, untuk sampah logam, plastik, karton, kertas. Demikian juga kebersihan asrama sangat dijaga, setiap selesai mandi, dinding dan lantai kamar mandi dibersihkan dan dikeringkan, setiap hari Kamis malam   penghuni asrama membersihkan kamar dan lorong.

¨ Kunjungan ke Heng Yee semakin menyadarkan kami bahwa Hua Ind dan HengYee betul betul bersaudara, selain karena kita sama sama dibawah naungan CDD, dan mempunyai semangat dan semboyan yang sama “Tetap Bersemangat” (bahasa Mandarinnya adalah “Heng Yee”), ternyata kedua sekolah mempunyai tradisi yang sama, yaitu lomba defile. Peserta defile di Heng Yee dengan semangat berbaris dan membuat formasi sambil menyanyikan lagu lagu nasional.

¨ Kami juga mengunjungi pusat biara CDD yang terletak di gunung Yangmingshan yang indah dan tenang. Biara ini mempunyai kapel berarsitektur gaya Tiongkok kuno. Kita bertemu dengan Rm. John Cia (Ketua CDD dunia). Penjelasan beliau membuat kami semakin memahami sejarah, tujuan, serta semangat pendiri CDD, Cardinal Celsio Constantini, yang telah menjadi semboyan sekolah kita “Tetap Bersemangat”.

¨ Orang Taiwan mempunyai gaya hidup sehat. Kami tidak pernah melihat orang yang merokok (paling tidak di tempat umum), juga tidak pernah melihat orang yang menderita obesitas. Selain naik kendaraan umum, kebanyakan mereka berjalan kaki cepat untuk jarak yang cukup jauh. Para pejalan kaki ditunjang dengan fasilitas yang baik dan nyaman, yaitu trotoar yang lebar dan mulus. Faktor lain yang menunjang kesehatan mereka adalah mereka tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu asin atau manis. Satu hal yang perlu kita tiru adalah pada kotak makanan tercetak tulisan Mandarin yang artinya: “Don’t eat between meals”.

Sekian sedikit sharing kami, semoga hubungan Hua Ind dan HengYee semakin erat. (Erly)

SMAK Kolese Santo Yusup Malang

Jalan Simpang Borobudur 1 Malang 65142 Jawa Timur - Indonesia | [email protected] | www.smakkosayu.sch.id